Sunday, July 09, 2006

Togar Dolly Naibaho : Kesempurnaan Manusia Terletak pada Kekurangannya


Togar Dolly Naibaho : Kesempurnaan Manusia Terletak pada Kekurangannya

"Kesempurnaan manusia terletak pada kekurangannya," katamu menjelaskan. Dan ketika banyak yang mulai memahami apa yang kau sampaikan, dirimu berceritera tentang masa lampau, yang manis dan kelam. Tak ada rasa sungkan apalagi takut untuk dicerca, karena iya itu tadi, engkau bersemboyan, lebih baik bekas penjahat daripada bekas pendeta. Haha ha. Benar juga, sih!

Orang awam mungkin tak lalu memahami. Tetapi ketika tahu siapa dirimu kini, yang sudah mengabdi di rumah Tuhan sebagai sintua, atau jelasnya, yang setiap saat perkataanmu sudah menyetir ayat-ayat dari berbagai kitab suci, mereka tentu menyadari uraianmu,dan itulah sesungguhnya yang patut diteladani.

Togar Dolly Naibaho, adakah kau menjalani hidup ini menjadi sesuai dengan alur pikiran dan rencanamu? Dengan tegas kau menjawab, tidak! "Tuhan sudah menggariskan jalan hidup manusia untuk sukses dan merana. Untuk kaya dan miskin. Dan seterusnya...."Tapi dirimu juga menegaskan, kendati Tuhan sudah menggariskan semuanya, manusia tetap punya pilihan. Free will. Apa itu Togar Dolly?

No comments: